-->

Relay dan Cara Kerjanya

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas Relay, bagaimana cara kerjanya berdasarkan tipe relay serta fungsi-fungsi relay yang sering digunakan dalam rangkaian elektronika maupun rangkaian listrik. Relay banyak digunakan dalam peralatan kehidupan sehari-hari.
Relay (www.google.com)

Apa itu Relay ?

Relay adalah suatu piranti elektronika yang bekerja berdasarkan prinsip elektromagnetik untuk menggerakkan sejumlah saklar yang tersusun yang dapat dikendalikan dari rangkaian elektronik dengan memanfaatkan tenaga listri sebagai sumber dari energinya. Relay berfungsi untuk memperpanjang switch, selain itu juga dapat berfungsi untuk memperkecil tegangan tegangan drop karena sirkuit kelistrikan. ada beberapa tipe relay yang sering digunakan dalam rangkaian elektronika yaitu : relay tipe normally close (tertutup), dan relay tipe normally open (terbuka)
Relay tipe normally close (kondisi tertutup)
Relay tipe normally close adalah kondisi relay dalam keadaan atau terhubung sehingga ada arus yang mengalir melewati relay tersebut. Pada relay normally close, magnet listrik yang berfungsi untuk menghubungkan arus utamana ke beban. Sistem kerja pada relay normally close ini memiliki kondisi awal tertutup, jika dialiri listrik maka arus akan bisa melewati relay.

Relay tipe ini banyak digunakan pada rangkaian-rangkaian pengaman seperti pada pendingin kipas yang sistem kerjanya menggunkan listrik atau pada rangkaian pengaman pada AC kendaraan.

Relai tipe normally close

Relay tipe normally open (kondisi terbuka)

Relay tipe normally open adalah kondisi relay dalam keadaan tidak terhubung (terbuka) sehingga jika relay diaktifkan dengan cara memberi arus maka akan tertutup. artinya apa? kondisi awal atau kondisi normal relai tipe ini adalah terbuka.  Car kerja dari relay ini berbanding dengan relay tipe normally close, cara kerja relai tipini adalah jika magnet listrik belum dialiri listri maka maka posisi saklar terbuka dan sampai di titik ini relay belum bekerja. Kemudian dialiri listrik pada magnetnya, maka tuas saklar akan tertatik ke bawah sehingga relay menjadi kondisi aktif.

Relay tipe normally close




Semoga materi kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua!!!!
Terimakasih sudah berkunjung di blog electrical engginering!!!
Jangan lupa tonton channel youtube saya 
ELECTRICAL ENGGINEERING

0 Response to "Relay dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel