-->

Elektronika Industri || Wireeles power transfer

www.google.com
Wireless power transfer (WPT) atau yg disebut sebut sebagai listrik tanpa kabel adalah sebuah penemuan baru yang digunakan untuk mengisi daya suatu peralatan elektronik seperti TV, system stero dan HP bahkan laptop tanpa menggunakan kabel, semuanya bekerja tanpa menggunakan baterai atau kabel. Jadi begitu anda memasuki rumah yang sudah menggunakan teknologi wirelees power transfer, tentu tanpa harus mencookkan kabel.

SEJARAH
Pertama kali teori wireless power transfer didemostrasikan oleh seorang ilmuan bernama Nicola Tesla pada tahun 1983. Nicola Tesla menciptakan sebuah metode yang mana suatu energi bisa didistribusikan atau disalurkan jarak jauh tanpa menggunakan kabel atau baterai yaitu dengan membangun menara wardenclyffe di Shoreham, Long Island. yang difungsikan untuk telekomunikasi nirkabel dan pengiriman pada daya listrik. Tesla mampu mengirimkan energi listrik sejauh 47 meter untuk menyalakan satu buah lampu pijar. akan tetapi teknolgi yang dilakukan oleh Nicola Tesla masih tergolong rendah.

Di tahun 1904, pada pameran ST. Louis World's, sebuah kapal terbang bisa diterbangkan sejauh kurang lebih 30 meter menggunakan energi yang dipancarkan melewati ruang menggunakan daya motor sebanyak 75 Watt.

pada abad ke-21, tepatnya pada tahun 2007 sekelompok ilmuan dari MIT (Massachusetts institute of technology ) membuat sistem transmisi daya listrik menggunakan "strongly couple magnetic resonance". Percobaan tersebut dilakukan dengan menggunakan dua buah koil yang dihantarkan sebuah tegangan beresonansi sehinnga mampu tercipta medan elektromagnetik yang cukup kuat. Pada prcobaan tersebut  pengiriman  energi  listrik wireless  yang  diberi  nama  WiTricity.  Pada penelitian tersebut, energi listrik dengan daya 60 Watt  dapat  ditransfer  secara  nirkabel  pada  jarak sekitar  2  meter  dengan  efisiensi  mencapai 40%.

Untuk menambah referensi bisa mengunduh file dibawah ini
Wireless Power Transfer


0 Response to "Elektronika Industri || Wireeles power transfer"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel