-->

Dioda Penyearah (rectifier)

Salah satu fungsi dari dioda adalah sebagai penyearah (rectifier) dalam rangkaian elektronika. Rectifier adalah suatu bagian dari catu daya (power supply) yang berfungsi untuk mengubah aliran AC (arus bolak balik) menjadi DC (arus searah).

Salah satu komponen yang digunakan sebagai penyearah adalah dioda. Kenapa menggunakan dioda ?
Karena dioda hanya mampu mengalirkan arus satu arah dan menghambat arus sebaliknya.

Dioda penyearah ada 2 yaitu penyearah setengan gelombang (half wave rectifier) dan dioda penyearah gelombang penuh (full wave rectifier).

1. Dioda penyearah setengah gelombang


Penyearah setengah gelombang hanya menggunakan satu dioda, sistem kerja dioda dalam rangkaian
Penyearah setengah gelombang


tersebut adalah ketika trafo diberi nilai positif maka dioda akan mengalirkan arus (dioda bekerja secara fordward bias), ketika trafo diberi nilai negatif maka dioda akan menghambat arus  (dioda bekerja secara reverse bias) yang masuk. Untuk membentuk gelombang jika dilihat dari osiloskop seperti gambar di bawah ini.



Hasil dioda setengah gelombang di sinyal osiloskop



2. Dioda penyearah gelombang penuh


Terdapat dua cara dalam membuat dioda penyearah gelombang penuh. Kedua cara tersebut tetap menggunakan dioda sebagai penyearahnya, namun dengan jumlah yang berbeda. Dioda penyearah gelombang penuh terdapat dua model yaitu penyerah gelombang penuh menggunakan Transformer Center Tap (CT) dan tanpa mengunakan transformer CT atau disebut dengan full wave bridge rectifier.


Penyearah gelombang penuh menggunakan transformer CT


Seperti yang dikatakan diatas, Penyearah Gelombong Penuh 2 Dioda memerlukan Transformer khusus yang dinamakan dengan Transformer CT (Centre Tapped). Transformer CT memberikan output (Keluaran) Tegangan yang berbeda fasa 180° melalui kedua terminal Output Sekundernya. Berikut rangkaian penyearah gelombang menggunakan transformer CT.
Penyearah gelombang penuh menggunakan transformer CT

Di saat Output Transformer CT pada Terminal Pertama memberikan sinyal Positif pada D1, maka Terminal kedua pada Transformer CT akan memberikan sinyal Negatif (-) yang berbeda fasa 180° dengan Terminal Pertama. D1 yang mendapatkan sinyal Positif (+) akan
berada dalam kondisi Forward Bias (Bias Maju) dan melewatkan sisi sinyal Positif (+) tersebut sedangkan D2 yang mendapatkan sinyal Negatif (-) akan berada dalam kondisi Reverse Bias (Bias Terbalik) sehingga menghambat sisi sinyal Negatifnya.

Sebaliknya, pada saat gelombang AC pada terminal pertama berubah menjadi sinyal Negatif maka D1 akan berada dalam kondisi Reverse Bias dan menghambatnya. Terminal kedua yang berbeda fasa 180° akan berubah menjadi sinyal positif sehingga D2 berubah
menjadi kondisi forward bias yang melewatkan sisi sinyal Positif tersebut.


Penyearah gelmbang penuh menggunakan 4 dioda (full wave bridge rectifier)


Penyearah Gelombang Penuh dengan menggunakan 4 Dioda adalah jenis Rectifier yang paling sering digunakan dalam rangkaian Power Supply karena memberikan kinerja yang lebih baik dari jenis Penyearah lainnya. Penyearah Gelombang Penuh 4 Dioda ini juga sering disebut dengan Bridge Rectifier atau Penyearah Jembatan.

Penyearah gelombang penuh 4 dioda

Berdasarkan gambar diatas, jika Transformer mengeluarkan output sisi sinyal Positif (+) maka Output  maka dioda yang berada di posisi kanan atas dan kiri bawah akan berada dalam kondisi Forward Bias sehingga melewatkan sinyal Positif tersebut sedangakan dioda kanan bawah dan kiri atas akan menghambat sinyal sisi Negatifnya. Kemudian pada saat Output Transformer berubah menjadi sisi sinyal Negatif (-) maka dioda kanan bawah dan kiri atas akan berada dalam kondisi Forward Bias sehingga melewatkan sinyal sisi Positif (+) tersebut sedangkan dioda yang berada di posisi kanan atas dan kiri bawah akan menghambat sinyal Negatifnya.

1 Response to "Dioda Penyearah (rectifier)"

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel